Kamis, 14 Februari 2019

Tips Menggunakan Print Kain Yang Benar

Dunia fashion yang semakin berkembang tentu saja tak luput dari hadirnya desainer handal dengan segala inovasi yang diberikan. Tak jarang para desainer mencetak motif kain dari desainnya sendiri untuk produk yang dibuat, baik itu dicetak sendiri atau menggunakan jasa print kain. Hasil print kain tersebut akan membuat produk memiliki kesan yang spesial dan eksklusif sehingga pasti banyak yang menginginkan produk tersebut. Namun sebelum melakukan itu semua, banyak sekali yang harus dilakukan dan salah satu proses yang sangat penting adalah pemilihan motif atau desain yang nantinya akan berpengaruh pada tampilan kain.

Tips Menggunakan Print Kain
Pada umumnya desain yang dipilih, baik itu motif atau yang lainya akan dipersiapkan terlebih dulu dalam format file digital seperti TIFF, PDF, JPG, dan masih banyak yang lainnya. Banyak sekali hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan print kain dan untuk melakukannya dengan baik, ketahui tips menggunakan print kain berikut ini:

1. Membandingkan Warna
Tips menggunakan print kain yang pertama adalah membandingkan warna yang akan digunakan karena akurasi warna pada komputer sering tidak sama dengan hasil yang diberikan. Begitu juga dalam hal print kain yang kadang hasil cetakan pada kain warnanya tidak sama dengan tampilan pada komputer. Oleh karena itu, lakukan penyesuaian warna terhadap hasil cetakan terlebih dulu sehingga hasil yang didapatkan akan sesuai dengan keinginan.

2. Jenis Kain
Selain warna, memperhatikan jenis kain yang digunakan juga harus dilakukan. Untuk mendapatkan print kain yang baik, gunakan jenis kain yang mengandung campuran polyester seperti jenis kain katun, drill, canvas, chiffon, satin, jersey, dan masih banyak yang lainnya. Menggunakan jenis kain tersebut akan membuat hasil cetakan tidak mudah luntur sehingga warna dan motif akan lebih tahan lama. Jika ingin memiliki gaun yang berbeda, Anda bisa menggunakan  jenis kain organdi dengan motif yang sesuai dengan keinginan Anda.

3. Penggunaan Tinta
Selain memperhatikan jenis kain dan warna yang akan digunakan, pastikan untuk menggunakan tinta khusus yang asli sesuai dengan jenis kain yang akan digunakan. Ada dua macam tinta yang biasanya digunakan yaitu tinta latex dan tinta tekstil. Tinta tekstil lebih sering digunakan karena hasil cetakan menjadi lebih maksimal. Selain itu, penggunaan tinta tekstil sudah tersertifikasi sehingga penggunaannya lebih aman. Berbeda dengan tinta latex yang biasanya lebih sering digunakan untuk bahan yang lebih lentur seperti kulit atau transign.

4. Mesin yang Digunakan
Jika semua bahan yang akan digunakan sudah dipilih dengan baik, maka langkah yang selanjutnya adalah memperhatikan jenis printer yang akan digunakan. Untuk mendapatkan hasil cetakan yang baik, menggunakan mesin berkualitas harus dilakukan karena mesin printer yang digunakan bisa mempengaruhi hasil cetakan print kain. Pastikan untuk menggunakan mesin print kain yang khusus digunakan untuk memproduksi kain.

Itulah sedikit ulasan tentang tips menggunakan print kain. Jika sudah mengikuti beberapa tips yang sudah disebutkan, hasil yang akan didapatkan pasti maksimal. Namun jika tidak memiliki sendiri alat atau bahan yang dibutuhkan, Anda bisa menggunakan jasa print kain FullPrint. FullPrint akan memberikan pelayanan yang maksimal dan terdapat berbagai fasilitas yang bisa Anda dapatkan. Jangan ragu lagi dan dapatkan hasil kain yang memuaskan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, segera kunjungi situs resmi http://fullprint.id/.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Menggunakan Print Kain Yang Benar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.